Singapura akan Uji Coba Bus Otonom, Bisa Dipesan Via Aplikasi

Singapura akan Uji Coba Bus Otonom, Bisa Dipesan Via Aplikasi Ilustrasi. (Foto: ROSLAN RAHMAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Singapura akan mulai uji coba bus tanpa sopir (otonom/bergerak sendiri tanpa pengemudi) yang bisa dipesan lewat aplikasi pada 26 Agustus hingga 15 November 2019. Uji coba kendaraan tanpa awak ini bagian dari ambisi untuk mempercepat penggunaan kendaraan otonom di negara tersebut.

Dilansir AFP, Rabu. (21/8), ada empat bus berukuran sedang tanpa sopir yang disiapkan untuk diuji coba di Pulau Sentosa dengan jarak tempuh 5,7 kilometer.

Masyarakat diharapkan mencoba transportasi massal ini cukup dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi dan kemudian akan dijemput dan diantarkan ke tempat tujuan yang dipilih seperti klub golf, pantai dan benteng bersejarah.

Masyarakat yang tidak memiliki aplikasi dapat memesan layanan dari kios yang tersedia di sepanjang rute, dengan layanan yang digratiskan beroperasi selama empat jam pada hari kerja.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, bus ini menyediakan sopir untuk mengambil kendali jika diperlukan.

Dalam uji coba pada Selasa (20/8), dua kendaraan agak kesulitan ketika berada di persimpangan saat ada mobil yang akan lewat. Kendati demikian, kendaraan diklaim bisa beroperasi saat hujan sedang sementara ketika hujan deras tak bisa beroperasi, yang umum terjadi di negara tropis di Asia Tenggara.

Presiden dan kepala eksekutif ST Engineering Vincent Chong mengatakan bus-bus itu dilengkapi dengan teknologi canggih, multi-sensor dan dibangun untuk beroperasi di lingkungan perkotaan yang kompleks.

Perusahaan punya target untuk meluncurkan angkutan umum tanpa sopir dalam beberapa tahun ke depan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Singapura dari satu titik ke titik lain. Dengan begitu bisa membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sumber:CNNIndonesia.com
Share:

Recent Posts